- WWW
Sejarah WWW
WWW Adalah Suatu Program Yang
Ditemukan Oleh Tim Berners-Lee Pada Tahun 1991. Awalnya Berners-Lee Hanya Ingin Menemukan Cara Untuk Menyusun Arsip-Arsiprisetnya. Untuk Itu, Dia Mengembangkan Suatu Sistem Untuk
Keperluan Pribadi. Sistem Itu
Adalah Program Peranti Lunak Yang Diberi Nama Enquire.
Dengan Program Itu, Berners-Lee Berhasil Menciptakan Jaringan Yang
Menautkan Berbagai Arsip Sehingga Memudahkan Pencarian Informasi Yang
Dibutuhkan. Inilah Yang
Kelak Menjadi Dasar Dari Sebuah Perkembangan
Pesat Yang Dikenal Sebagai WWW.
WWW Pertama Kali Dikembangkan Di Pusat
Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN), Jenewa, Swiss. Sekitar Tahun 1989 Berners-Lee
Membuat Proposal Untuk Proyek Pembuatan Hypertext Secara Global, Kemudian Pada
Bulan Oktober 1990, ‘World Wide Web‘ Sudah Bisa Dijalankan Dalam Lingkungan CERN.
Pada Musim Panas Tahun 1991 Dan WWW Resmi Digunakan Secara Luas Pada Jaringan Internet.
Fungsi WWW
Fungsi WWW Adalah Sebuah Informasi
Global Yang Menghubungkan Pengguna Jaringan Internet Atau Lebih Dikenal Dengan
Sebutan User Ke Server Serta User Lain Untuk Menyajikan Data-Data, Dokumen,
Serta Berbagai Macam Informasi Yang Dapat Digunakan Bersama Dengan
Menggunakan Bahasa HTML.
Referensi :
Pengertian
E-Mail Adalah Surat Elektonik Sebagai Sarana
Menerima Dan Mengirim Surat Melalui Jalur Internet Atau Bisa Juga Diartikan
Surat Dengan Format Digital (Ditulis Dengan Menggunakan Komputer Atau Gedget
Yang Telah Mendukung Aplikasi Email) Dan Dikirimkan Melalui Jaringan Internet. Layanan
E-Mail Dapat Dikelompokkan Dalam 2 Basis, Yaitu Email Berbasis Client Dan Email
Berbasis Web.
E-Mail Merupakan Salah
Satu Fasilitas Atau Aplikasi Internet Yang Paling Banyak Digunakan Dalam Hal
Surat-Menyurat. Hal Ini Dikarenakan E-Mail Merupakan Alat Komunikasi Yang
Murah, Cepat, Dan Efisien. Menggunakan E-Mail Memungkinkan Kita Untuk
Mengirimkan Pesan Dalam Bentuk Surat Ke Seluruh Dunia Dalam Waktu Yang Sangat
Cepat Dan Biaya Yang Murah. E-Mail Yang Dikirimkan Akan Sampai Ke Alamat Yang
Dituju Sesaat E-Mail Tersebut Dikirimkan. Biaya Yang Dikluarkan Pun Hanyalah
Biaya Untuk Mengakses Internet Pada Saat Kita Mengirimkan/Membuka Untuk
Menerima E-Mail Tersebut.
Manfaat/Kegunaan E-Mail
1. Media
Komunikasi
E-Mail
Atau Surat Elektronik Adalah Media Komunikasi Yang Biasa Dilakukan Secara
Persoal Atau Umum (Komunitas).
2. Media
Pengiriman
Dengan E-Mail
Anda Bisa Melakukan Pengiriman Data Ke Seluruh Dunia Dan Tentunya Pengirim Dan
Yang Dikirimi Data Sama-Sama Menggunakan Alamat E-Mail, Bukan Alamat Rumah. Tidak
Hanya Itu, Dengan Menggunakan E-Mail Anda Bisa Mengirimkan Data Ke Banyak Orang
Hanya Dalam Hitung Menit Bahkan Detik.
3. Efektif,
Efisien, Dan Murah
Melakukan
Pengiriman Data Melalui E-Mail Sangat Efektif, Efisien, Dan Murah. Maksudnya,
Anda Tidak Perlu Keluar Rumah Dan Pergi Ke Kantor Pos Hanya Untuk Mengirim Foto
Atau Lamaran Pekerjaan. Cukup Melalui Koneksi Internet Dan Alamat E-Mail Anda,
Pengiriman Akan Cepat Sampai Ke Alamat Tujuan Dan Tidak Perlu Biaya Mahal.
4. Media Promosi
Jika Anda
Bisa Memiliki Usaha Di Internet Atau Bisnis Online, Anda Bisa Mengirimkan
Promosi Produk Ke Para Pelanggan Anda Dengan Memanfaatkan Daftar E-Mail
Pelanggan Yang Ada.
5. Media Informasi
Melalui
E-Mail, Anda Bisa Mendapatkan Informasi-Informasi Terbaru Dari Seluruh Dunia
Yang Anda Inginkan Dengan Cara Menjadi Pelanggan Informasi Dari Media Yang Anda
Tentukan.
6. Membuat Blog Atau Website
Dengan E-Mail
Anda Bisa Membuat Blog Dan Website.
7. Sosial Media
Dengan E-Mail,
Anda Bisa Menjalin Hubungan Dengan Teman Atau Orang Lain. Baik Menggunakan
E-Mail Itu Sendiri Atau Melalui Jejaring Sosial Seperti Facebook, Twitter, Atau
Google.
Jenis-Jenis Email Antara Lain :
1. POP Mail (Post Office Protocol)
Pengertian POP Mail Adalah Email Yang Diterima Melalui Internet Service Provider Yang Menjadi Langganan Kita (Bagi Anda Yang Connect Internet Dari Rumah Atau Kantor).
2. Webmail.
Pengertian Web Mail (Web Based E-Mail) Adalah Layanan Email Yang Basis Aksesnya Adalah Dalam Bentuk Halaman Web. Jika Ingin Mengakses, Memeriksa Atau Mengirim Email, Maka Harus Masuk Ke Situs Web Penyedia Layanan Email Dimaksud. Tidak Ada Jalan Lain Untuk Mengakses Email Kecuali Dengan Cara Tersebut
3. Email Forwarding.
Pengertian Email
Forwarding Adalah Layanan E-Mail Yang Meneruskan E-Mail Yang Di Terimanya
Ke Alamat E-Mail Yang Lain. E-Mail Jenis Ini Bermanfaat Bagi Orang Yang Suka
Ganti-Ganti Alamat E-Mail.
Referensi :
- Search Engine
Pengertian Search Engine
Search Engine (Mesin Pencari) Adalah Sebuah Sistem Software Yang Di
Desain Untuk Mencari Berbagai Informasi Yang Tersimpan Dalam Layanan World Wide
Web (WWW), File Transfer Protocol (FTP), Mailing List, Atau News Group Yang
Berada Di Dalam Sebuah Atau Sejumlah Server Dalam Suatu Batasan Jaringan. Hasil
Dari Pencarian Akan Menampilkan Berbagai Data Informasi Yang Bersumber Dari
Sebuah Website, Blog, Forum Tertentu. Hasil Dari Pencarian Sering Disebut
Sebagai Search Engine Result Pages (Serps).
Hasil Pencarian Juga Memiliki Variasi Data Yang
Ditampilkan, Seperti Bentuk Tulisan, Gambar, Video, Dan Bentuk Tampilan
Lainnya.
Sejarah Singkat Search Engine
Seiring Dengan Perkembangan Dunia Maya, Search Engine Pun
Memiliki Perkembangan Yang Cukup Baik Dari Tahun Ke Tahun. Salah Satu Search
Engine Yang Cukup Terkenal Dan Banyak Dipakai Oleh Banyak Negara Adalah Search
Engine Google. Namun Ada Beberapa Kelompok Membuat Search Engine Sendiri Untuk
Negaranya, Seperti Search Engine Yandex Yang Berasal Dari Rusia Dan Telah
Beroperasi Sejak Tahun 1997. Kemudian Ada Search Engine Baidu Yang Beroperasi
Sejak Tahun 2000. Baidu Didirikan Di Kampus Baidu Yang Letaknya Di Distrik
Haidan, Beijing, RRC. Search Engine Lain Yang Juga Terkenal Adalah Bing, Yahoo, ASK, MSN,
AOL, Dan lainnya.
Search Engine Google Sendiri Muncul Di Akhir Tahun 1997. Ketatnya Persaingan Dengan Berbagai Search Engine Yang Sudah Lebih Dahulu Ada, Tidak Membuat Google Menyerah Begitu Saja. Pada Tahun 2000 Search Engine Yahoo Sempat Menduduki Posisi Peringkat Puncak, Namun Hal Itu Hanya Sementara Dikarenakan Google Berhasil Mencapai Peringkat Tersebut. Google Pun Diperhitungkan Dan Dipandang Sebagai Search Engine Yang Utama Sampai Sekarang Ini.
Contoh Search Engine
Berikut Ini Contoh Berbagai Macam Search Engine
Yang Dapat Digunakan, Seperti Search.Yahoo.Com - Www.Bing.Com -
Www.Looksmart.Com - Www.Gigablast.Com - Www.Excite.Com - Id.Ask.Com -
Www.Aol.Com - Www.Baidu.Com - Www.Yandex.Com - Www.Google.Com
Manfaat
search engine :
· Mesin Pencari Merupakan Tempat
Kebanyakan Orang Mencari Sesuatu Via Internet. Menurut Survei Hampir 90%
Pengguna Internet Memakai Mesin Pencari Untuk Mencari Lokasi Tertentu Di
Internet. Dan Di Antara Mesin Pencari Yang Ada, Google Merupakan Mesin Pencari
Yang Paling Banyak Digunakan.
·
Sebagian Besar Pengguna Mesin Pencari
Tidak Pernah Melewatkan Dua Halaman Pertama Dari Mesin Pencari.
· Sebagian Besar (Hampir 70%) Pengguna
Mesin Pencari Tidak Pernah Klik Pada Hasil Pencarian Sponsor. Dengan Demikian,
Hasil Pencarian Yang Organik (Secara Alami) Akan Membuat Suatu Website Memperoleh
Posisi Strategis Dalam Dunia Internet.
· Di Negara-Negara Maju, Porsi Penjualan
Yang Dilakukan Melalui Internet Sudah Hampir Mencapai 20% Dari Keseluruhan
Transaksi Tahunan.
·
Sebuah Informasi Yang Mudah Di Akses
Oleh Semua Orang Baik Dalam Maupun Luar Negeri.
·
Memudahkan Masyarakat Dalam Mencari
Informasi Di Internet
Referensi :
- CHATTING
Pengertian
Chatting Adalah Percakapan
Yang Biasanya Dilakukan Antara Dua Orang Atau Lebih Secara Langsung Atau
Realtime Dengan Memanfaatkan Fasilitas Jaringan Internet. Percakapan Yang
Dilakukan Bisa Berupa Teks, Suara, Atau Semuanya Digabungkan Antara Text, Suara
Dan Video. Ada Banyak Sekali Aplikasi Yang Dapat Digunakan Untuk Melakukan
Aktifitas Chatting, Diantaranya Yang Populer Adalah IRC, Yahoo Messenger, AIM, Jabber
Dan Masih Banyak Yang Lainnya.
SEJARAH CHATTING
Semakin Bertambahnya Kebutuhan Manusia Terhadap Komunikasi
Pengiriman Yang Cepat Merangsang Pengembang Perangkat Untuk Menciptakan Sebuah
Aplikasi Yang Dapat Memenuhi Kebutuhan Pengiriman Pesan Yang Cepat. Lalu Muncullan
Sebuah Aplikasi Yang Memungkinkan Untuk Berkirim Pesan Dengan Pengguna Komputer
Yang Sedang Online, Aplikasi Ini Dipelopori Oleh Penyedia Jasa Daring Quantum
Link Atau Lebih Dikenal Dengan Nama American Online.
Pada Tahun 1996 Bulan November Menjadi Hari Bersejarah Untuk
Penggemar Chatting, Karena Disaat Itulah Diperkenalkan Sebuah Aplikasi Chatting
Secara Resmi Oleh Mirabilis Untuk Aplikasinya Yang Bernama ICQ. Mulai Saat Itu
Aktifitas Chatting Menjadi Semakin Menjamur. Kemudian Pada Tahun 1997 Muncul
Aplikasi Chatting Baru Bernama AIM (AOL Instant Messenger) Besutan AOL, Pada
Perkembangannya AOL Mengakuisisi Mirabilis.
Sejak Saat Itu Hingga
Kini Aplikasi IM Semakin Banyak Bermunculan Dengan Menawarkan Fitur Yang Lebih
Canggih. Melalui Aplikasi IM Terbaru Seperti Yahoo Messenger Kita Bisa Chatting
Dengan Bertatap Muka Dengan Dukungan Perangkat Kamera. Dan Aktifitas Chatting
Kini Bisa Dilakukan Dimana Saja Dan Kapan Saja Karena Sudah Bisa Dilakukan Pada
Smartphone Dengan Aplikasinya Populer BBM, Whatsapp, Line Atau Masih Banyak
Lagi Yang Lainnya.
Daftar
10 Aplikasi Chatting Di Komputer
1.
Yahoo Messenger
2.
Windows Live Messenger
3.
Google Talk
4.
AIM
5.
Pidgin
6.
ICQ
7.
Camfrog
8.
Skype
9.
Facebook Messenger
10. Xchat
Daftar
10 Aplikasi Chatting Di Smartphone
1.
BBM
2.
Whatsapp
3.
Line Messenger
4.
Kakaotalk Messenger
5.
Wechat
6.
Skype
7.
Yahoo Messenger
8.
Nimbuzz
9.
Google Talk
10. Facebook Messenger
Fungsi dan Manfaat Chatting :
1.
Sarana berhemat dalam berkomunikasi jarak jauh
2.
Sarana untuk konsultasi dengan para pakar
3.
Mendapatkan teman yang baru
4.
Sarana belajar dan juga berdiskusi antar daerah lain
Dampak negative dari chatting :
1. Membahas atau berbicara secara tidak
sopan
2. Bisa menimbulan penyakit, seperti
rematik dan otot pegal
3. Terlalu ketagihan chatting
4. Bergaul dengan orang yang tidak
jelas
5. Dapat merusak mata karena terlalu
lama menatap layar monitor
Referensi
:
- NETIQUETTE
Netiquette Adalah Istilah Yang Menggambarkan Etiket Di Internet.
Netiquette Adalah Kombinasi Dari “Jaringan” Dan “Etiket.” Netiquette Mencakup
Etiket Dari Semua Jenis Komunikasi Internet Seperti Email, Papan Pesan, Forum
Dan Pesan Instan. Mengikuti Aturan Komunikasi Online Bisa Sama Pentingnya
Sebagai Berikut Etiket Ketika Berbicara Dengan Orang Tatap Muka.
Merupakan etika dalam
menggunakan internet. Internet sebagai sebuah kumpulan komunitas,
diperlukan aturan yang
akan menjadi acuan orang-orang sebagai pengguna internet, dimana aturan ini
menyangkut batasan dan cara yang terbaik dalam memanfaatkan fasilitas internet.
Beberapa Aturan Yang Ada Pada Nettiquete Ini Adalah:
1. Amankan Dulu
Diri Anda, Maksudnya Adalah Amankan Semua Properti Anda, Dapat Dimulai Dari
Mengamankan Komputer Anda, Dengan Memasang Anti Virus Atau Personalfirewall
2. Jangan Terlalu
Mudah Percaya Dengan Internet, Sehingga Anda Dengan Mudah Mengunggah Data
Pribadi Anda. Dan Anda Harus Betul-Betul Yakin Bahwa Alamat URL Yang Anda Tuju
Telah Dijamin Keamanannya.
3. Dan Yang
Paling Utama Adalah, Hargai Pengguna Lain Di Internet, Caranya Sederhana
Yaitu,:
A. Jangan
Biasakan Menggunakan Informasi Secara Sembarangan, Misalnya Plagiat.
B. Jangan
Berusaha Untuk Mengambil Keuntungan Secara Ilegal Dari Internet, Misalkan
Melakukan Kejahatan Pencurian Nomor Kartu Kredit
C. Jangan
Berusaha Mengganggu Privasi Orang Lain, Dengan Mencoba Mencuri Informasi Yang
Sebenarnya Terbatas.
D. Jangan
Menggunakan Huruf Kapital Terlalu Banyak, Karena Menyerupai Kegiatan
Teriak-Teriak Pada Komunitas Sesungguhnya.
E. Jangan
Flamming (Memanas-Manasi), Trolling (Keluar Dari Topik Pembicaraan) Ataupun
Junking (Memasang Post Yang Tidak Berguna) Saat Berforum.
Fungsi :
Netiquette Berfungsi Sebagai Seperangkat Pedoman Umum Yang Dapat
Membuat Komunikasi Internet Yang Berguna Dan Sipil. Misalnya, Mengirimkan
Puluhan Surat Berantai Email Ke Teman Mungkin Tampak Seperti Pengalihan
Menyenangkan, Tetapi Dapat Menjadi Jengkel Ke Orang Yang Menerima Mereka. Mengirim
Volume Besar Email Impersonal Atau Pesan Lain Kepada Orang Lain Dikenal Sebagai
“Spam” Dan Sering Disukai. Ada Aturan Umum Tertentu, Seperti Mengirim “Spam,”
Yang Umumnya Dianggap Etiket Buruk Di Internet, Namun Komunitas Online Tertentu
Mungkin Memiliki Budaya Mereka Sendiri Dan Standar Netiket.
Manfaat
Netiquette Dapat Bermanfaat Dalam Hal Itu Dapat Mencegah Orang
Dari Mengirimkan Komunikasi Perlu Yang Dapat Membuang-Buang Waktu Orang Lain. Hal
Ini Juga Dapat Mencegah Orang Dari Posting Konten Yang Tidak Patut Atau Jelek
Di Internet. Misalnya, Teks Ditulis Dalam Huruf Kapital Bisa Sulit Untuk
Membaca Dan Mengetik Dalam Huruf Kapital Sering Dianggap “Berteriak” Dalam
Komunikasi Online Dan Disukai Di Komunitas Internet Banyak.
Fitur.
Fitur Dari Netiket Dapat Bervariasi Secara Signifikan Dari Satu
Komunitas Web Yang Lain Tetapi Ada Beberapa Standar Yang Diterima Secara Umum
Di Internet. Lain Kemudian Menahan Diri Dari Penggunaan Spam Dan Huruf Kapital
Yang Berlebihan, Menahan Diri Dari Membuat Komentar Cabul Atau Diskriminatif
Juga Merupakan Aturan Umum. Indiana University Merekomendasikan Menulis Online
Informasi Dalam Paragraf Ringkas Dengan Kapitalisasi Yang Tepat Dan Tanda Baca
Dan Menjadi Bijaksana Dengan Bahasa Anda, Terutama Di Forum-Forum Publik Dan
Ketika Menulis Komunikasi Kelompok, Seperti Email Massal.
Identifikasi
Bila Pengguna Baru Untuk Sebuah Komunitas Web, Seperti Forum Web
Baru, Masyarakat Mungkin Telah Menerima Aturan Netiket Bahwa Pengguna Tidak
Akrab Dengan. Hal Ini Dapat Membantu Untuk Mengamati Dan Membaca Komunikasi
Anggota Lain Dari Komunitas Web Untuk Mengambil Pada Netiket Diterima.
Pertimbangan
Beberapa Pengguna Internet Keluar Dari Jalan Mereka Untuk
Mematahkan Aturan Yang Telah Ditetapkan Netiket. Orang-Orang Yang Membuat Pesan
Khusus Untuk Menghasut Kemarahan, Menyebabkan Diskusi Gunanya Atau Orang Lain
Kejut Kadang-Kadang Menyebut “Troll Internet.” Menanggapi Orang-Orang Yang
Membuat Pesan Khusus Untuk Mendapatkan Kenaikan Dari Orang Lain Dikenal Sebagai
“Memberi Makan Troll Itu.” Penghinaan Online Dan Pelanggaran Lain Dari Netiket
Kadang-Kadang Disebut “Menyala.” Kedua “Trolling” Dan “Menyala” Dianggap
Netiket Yang Buruk.
Referensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar