ISD Sebagai Salah Satu MKDU
Sama
halnya dengan sekolah, perguruan tinggi juga mempunyai mata kuliah. Bedanya
hanya di cara penyebutannya saja kalau sekolah disebut dengan mata pelajaran
sedangkan di bangku perkuliahan disebut sebagai mata kuliah. Di setiap jurusan
memiliki mata kuliah yang berbeda-beda, namun ada beberapa mata kuliah yang
dipelajari oleh semua jurusan. Mata kuliah ini disebut sebagai mata kuliah
dasar umum.
Mata kuliah dasar umum atau
Pendidikan umum merupakan pendidikan dasar dan menengah yang mengutamakan
perluasan pengetahuan yang diperlukan oleh peserta didik untuk melanjutkan
pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Mata
kuliah dasar utama bisa dibilang penting, karena MKDU sangat penting dalam
mendampingi mata utama sesuai jurusan.MKDU juga bertujuan agar mahasiswa dapat berkreatifitas mengeluarkan pendapat mengenai mata kuliah yang disampaikan oleh dosen dan juga membantu mahasiswa agar dapat berinisiatif untuk mencari materi apa yang akan ia pelajari.
Pengertian Ilmu Sosial Dasar (ISD)
ISD adalah pengetahuan yang
menelaah/meneliti masalah-masalah sosial yang diwujudkan oleh masyarakat
berdasarkan fakta atau konsep teori yang berasal dari berbagai aspek yang
berada dilapangan ilmu sosial. Objek yang diteliti meliputi tingkah laku masyarakat itu sendiri berdasarkan apa yang kita amati.
Tujuan ISD
Tujuan ISD bagi mahasiswa pada
Mata Kuliah Dasar Umum ini adalah :
- Mampu menghadapi dan memberi alternatif pemecahan masalah yang ada di masyarakat
- Terampil menghadapi masalah yang terjadi sehari-hari baik yang menimpa diri sendiri maupun yang menimpa masyarakat.
- Peka terhadap masalah sosial yang ada di masyarakat.
- Membantu perkembangan wawasan pemikiran dan kepribadian agar memperoleh wawasan yang lebih luas.
- Memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.
- Membantu masyarakat untuk memecahkan masalah yang menyimpang yang berada di lingkungan masyarakat.
Tiga Kelompok Ilmu Pengetahuan
- Ilmu-Ilmu Alamiah (natural science). Ilmu-ilmu Alamiah bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah.
- Ilmu-Ilmu Sosial (Social science). Ilmu-ilmu Sosial bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antar manusia. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah sebagai pinjaman dari ilmu-ilmu alamiah.
- Pengetahuan budaya ( the humanities ) bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan kenyataan-kenyataan yang besifat unik, kemudian diberi arti.
Persamaan ISD dan IPS
- Keduanya merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan atau pengajaran.
- Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
- Keduanya mempunyai materi-materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial.
Perbedaan ISD dan IPS
- Ilmu sosial dasar diberikan di Perguruan Tinggi, sedangkan ilmu pengetahuan sosial diberikan di sekolah dasar dan sekolah lanjutan.
- Ilmu sosial dasar merupakan salah satu mata kuliah tunggal, sedangkan ilmu pengetahuan sosial merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran (untuk sekolah lanjutan)
- Ilmu sosial dasar diarahkan pada pembentukkan sikap dan kepribadian, sedangkan ilmu pengetahuan sosial diarahkan pada pembentukkan pengetahuan dan keterampilan intelektual.
Tiga Golongan Bahan Pelajaran ISD
- Kenyataan-kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu.
- Konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataan-kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan Sosial.
- Masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang antara satu dengan lainnya saling berkaitan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar